Sabtu, 20 Juli 2013

Pie Susu Imut, Praktis Tanpa Telur

Di entah hari keberapa Ramadhan, krucils minta dibuatkan pie susu. Rumah sedang renovasi, debu di sana-sini, membuat saya enggan bersibuk-sibuk ria di dapur. Namun entah kenapa sore habis Ashar saya mendadak ingin menuruti permintaan krucils.

Yah, akhirnya saya pun bikin pie susu yang diniatkan ala pie susu Bali: tipis dan renyah. Namun kali ini saya mau yang super praktis dan simpel saja. Tidak ada acara mencampur adonan topping yang akan menambah tumpukan perkakas dapur kotor.


Untuk adonan pie crust, kita bisa menggunakan resep andalan masing-masing. Kalau saya menggunakan patokan seperti ini: perbandingan antara terigu dengan margarin minimal harus 2:1. Jadi kalau terigunya 200 gram, margarin harus minimal 100 gram (lebih boleh, kurang jangan!). Semakin banyak margarinnya, rasanya akan semakin renyah dan gurih.

Oh ya, berhubung cetakan pie susu Bali milik saya masih tercecer di rumah adik ipar saya saat boyongan pindah dari Bali ke Surabaya dulu, terpaksa saya menggunakan cetakan pie mini biasa. Hanya saja mencetak pie crust-nya tidak sampai penuh hingga bibir cetakan. So, jadinya emang imut banget, ukuran lebih kecil daripada normalnya pie susu Bali. Maka saya namakan pie susu imut tanpa telur. :D

Mencetak pie crust, adonan tidak sampai memenuhi cetakan

Ini dia resepnya:

PIE SUSU IMUT TANPA TELUR

BAHAN:

Pie crust: 

200 gr terigu
125 gr margarin
Sejumput garam
2-3 sdm air es 

Isi:

2 sachet susu kental manis putih
2 sachet susu kental manis coklat

CARA MEMBUATNYA:
  1. Pie crust: Masukkan terigu dan garam ke dalam wadah. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk dengan ujung-ujung jari hingga berbutir-butir kecil. Tambahkan air es, satukan adonan hingga menggumpal. Cetak dengan menggunakan cetakan pie susu Bali (atau cetakan pie biasa dengan trik seperti saya singgung di atas).
  2. Panggang kulit pie selama kurang lebih 30 menit atau sampai setengah matang. Tekstur pie sudah mulai agak mengeras, tapi belum kering benar.
  3. Masukkan susu kental manis hingga memenuhi mangkuk kulit pie.
  4. Panggang lagi selama kurang lebih 15-30 menit hingga kulit pie matang sempurna dan isiannya membeku.
  5. Jika sudah agak dingin, keluarkan pie susu dari cetakan. Siap disantap :)


mau DIET SEHAT rasa COKLAT?
klik DI SINI

3 komentar:

  1. Salam kenal, saya berniat cari-cari resep susu kedelai, eehh malah jalan2 sampai ke pie. Pas bener resep pie mininya krn suami nggak suka telur. Thanks for sharing. Doakan semoga sy bisa buat juga :)

    BalasHapus
  2. Mba ty dikit,klo susunya diganti dgn susu kedelai bs gak y?

    BalasHapus
  3. Salam kenal mbak, mau tanya, jenis tepung terigu yang digunakan utk Pie Crust ini apa y ? Protein rendah atau Protein sedang (serbaguna) ?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...