Selasa, 28 Mei 2013

Resep Terang Bulan (Martabak Manis)

Terang bulan atau martabak manis, siapa sih tidak kenal jajanan yang kerap dijual di pinggir jalan ini? Rasanya yang legit membuat orang sering ketagihan.

Tapi tidak semua kue terang bulan nikmat di lidah. Maklum, namanya juga jajanan kaki lima. Meskipun tahu resep terang bulan yang enak, namun demi meraup untung banyak atau supaya bisa menjual dengan harga lebih terjangkau, penjual terang bulan kerap mengurangi takaran bahan dan topping. Walhasil, terang bulan jadi kurang mantap di lidah. Entah kurang manis, kurang gurih, kurang keju, kurang coklat dan kacang, atau kurang banyak (hihihi).

Daripada pusing muter-muter cari penjual terang bulan yang enak, yuk kita coba resep terang bulan di bawah ini. Gampang banget bikinnya. Saya baru percobaan pertama kali, alhamdulillah langsung sukses jaya! :D

BAHAN:

250 gr terigu protein sedang, ayak
400 ml susu
1 butir telur ukuran sedang
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking soda
1 sdt ragi instan
Gula pasir sedikit untuk taburan
Vanili sedikit saja

Bahan isi:
Susu kental manis putih, meises, keju cheddar parut, kacang, selai, dll (sesuai selera)

CARA MEMBUATNYA:
  1. Campur semua bahan kecuali baking soda. Aduk sampai halus tercampur rata, bila perlu saring atau kocok dengan mixer agar tidak ada sisa adonan yang menggumpal.
  2. Tutup adonan, diamkan selama kurang lebih satu jam dalam suhu ruang.
  3. Siapkan loyang bundar khusus terang bulan atau wajan teflon berdiameter 18-20 cm. Panaskan wajan hingga merata panasnya. Lalu kecilkan api.
  4. Sementara menunggu wajan panas, larutkan baking soda dengan sedikit air, lalu masukkan dalam adonan terang bulan. Aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam wajan panas. Ingat, kalau wajan kurang panas nanti tekstur kue terang bulan menjadi keras, tidak bersarang, alias bantat. Jadi pastikan wajan benar-benar panas sebelum memasukkan adonan ya! Masak dengan api kecil sampai terbentuk gelembung-gelembung di permukaan.
  6. Taburi sedikit gula pasir, lalu tutup wajan.
  7. Tetap masak terang bulan dengan api kecil hingga permukaannya berpori dan kering.
  8. Angkat terang bulan, pindahkan ke piring datar atau talenan. Olesi dengan margarin dan bahan isian lain sesuai selera.
  9. Ready! :D

Terang bulan isi keju yummmy ...! :)

7 komentar:

  1. Nice Info.

    Kalo boleh ngasih masukan, baiknya gak pake ragi instan. Cukup soda kue saja. Kalau pake ragi instan penampakannya jadi kaya bolu dan terasa agak asam.

    Tukang martabak itu gak pada pake ragi cukup soda kue saja. Tapi kalau gak pakai ragi memang perlu teknik yang agak rumit perlu ada yang ngajarin langsung.

    Kalau mau belajar bikin martabak saya siap membantu. Cukup beli loyang martabak saja Rp 265.000,- (loyang standar tukang martabak) Nanti kita ajarin langsung sekalian delivery order loyangnnya.

    Yang mau belajar konfirmasi melalui sms aja ke no 0877-89-2222-09 (khusus untuk wilayah JABODETABEK) kalau luar kota kejauahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks masukannya :) Kalo urusan martabak saya memang bukan jagonya :) Wah sayang kejauhan, saya di Surabaya :)

      Hapus
    2. bunda, mau tanya nich...
      klo susu yang digunakan susu apa ya..?
      apa bisa menggunakan susu kental manis yang dicairkan...

      Hapus
  2. hi Bunda Raihan,
    saya ucapkan makasih banyak karena telah mengajari resep terang bulan / martabak manis,
    pengin saya coba untuk keluarga tercinta

    BalasHapus
  3. Ada yang tau pacarnya artis korea kim so run lah?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...