Selasa, 09 Juli 2013

Bikin Susu Kedelai Sendiri, yuk!

Acara bersih-bersih jelang Ramadhan kemarin saya selingi dengan membuat susu kedelai. Ya, susu kedelai akan saya gunakan sebagai bahan pelengkap menyajikan Shake untuk menu sahur sehat saya.

Kalau di hari-hari biasa saya sarapan sehat dengan Shake yang dikocok dengan air putih biasa, maka untuk sahur, Shake saya kocok atau blender bersama susu kedelai tawar. Tujuannya, untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Sudah tahu kan bahwa kedelai itu mengandung protein yang sangat tinggi? Dan sudah tahu kan bahwa untuk sahur, sebaiknya kita memilih makanan yang kaya protein ketimbang karbohidrat? Jika belum tahu, well, saya tidak akan membahasnya di sini. Ulasan mengenai hal itu bisa Anda baca DI SINI dan DI SINI.

Yang akan saya bahas sekarang adalah tentang cara membuat susu kedelai. Caranya sangat simpel nggak pake ribet.

BAHAN:

125 gr kedelai
1 liter air

CARA MEMBUATNYA:
  1. Cuci kedelai, lalu rendam selama beberapa jam hingga empuk.
  2. Cuci kembali kedelai hingga benar-benar bersih, buang kulit arinya. Tiriskan.
  3. Masukkan kedelai ke dalam blender. Tambahkan sepertiga bagian air. Blender lalu saring. Yang baik, saring dengan menggunakan kain putih bersih. Tapi kalau saya pakai ayakan tepung saja. :)
  4. Masukkan kembali kedelai yang sudah disaring. Ulangi proses yang no. 3 dengan sebagian air. Lalu ulangi sekali lagi proses yang sama dengan air yang tersisa. Pengulangan ini bertujuan
    mendapatkan sari kedelai yang benar-benar kental, sehingga cuma tersedia ampas yang benar-benar hanya ampas.
  5. Rebus sari kedelai dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar susu kedelai tidak pecah yang akan merusak kandungan proteinnya dan membuat susu kedelai cepat basi.
  6. Matikan api jika telah mendidih. Dinginkan atau segera diminum selagi hangat.
Resep di atas sangat sederhana, bahannya cuma kedelai dan air. Karena tujuannya memang membuat susu kedelai tawar. Jika ingin rasa manis, kita tentu bisa menambahkan gula secukupnya. Rasa langu bisa diminimalisir dengan menambahkan aroma dari daun pandan atau jahe yang digeprek dan direbus bersamaan dengan kedelai. Bisa juga dengan menambahkan vanili bubuk (hati-hati jangan kebanyakan vanilinya, ntar rasanya jadi pahit! :D)

Jika tidak segera diminum, masukkan susu kedelai ke dalam lemari es agar tidak cepat basi, ya.

Oh ya, pembuatan susu kedelai dengan komposisi di atas akan menghasilkan susu kedelai yang lumayan kental. Jika tidak suka terlalu kental, tentu kita tinggal menambahkan air saja sesuai selera.

Selamat mencoba! :)

LANGSING dan SEHAT dg COKLAT?
klik DI SINI

10 komentar:

  1. saya sudah coba tetapi rasanay kurang enak, apa perlu tambahan perasa yah? seperti rasa mocca atau vanilla?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg namanya susu kedelai memang seperti itu rasanya. dulu saya juga nggak suka susu kedelai. lama-lama jadi suka setelah terbiasa. ini hanya masalah selera dan kebiasaan aja kok :) betul banget, kita bisa tambahkan aneka aroma/rasa sesuai selera supaya rasanya jadi enak.

      Hapus
  2. thankz ya atas tutornya.. mantab deh jadi pengen coba..

    BalasHapus
  3. susah bikinnya bos, beli aja lebih prakis. hehe

    BalasHapus
  4. terima kasih bunda atas artikelnya. saya mau praktekkan dulu cara membuat susu kedelai. semoga rasanya bisa enak

    BalasHapus
  5. Trims udah share. Saya mau coba karena yg ini resepnya cukup simple.

    BalasHapus
  6. oo begitu ya caranya, selama ini saya kalau membuat sari kedelai seklai blender langsung beras dengan kain, kemudian ampas langsung buang... apa cara sya bs dibilang cukup benar? terima kasih

    BalasHapus
  7. sekedar tips : untuk menghilangkan bau langu, kedelai yg telah direndam 8 jam di blender dengan air mendidih setelah itu disaring dan direbus lagi sampai mendidih sambil diaduk2. rasa langunya benar2 hilang.

    BalasHapus

  8. Kok klu aq bikin susu kedelay sari kedelay nya pada ngendap ya,jd klu gk d aduk atas nya bening, knapa ya. Mohon tips nya. Trims

    BalasHapus
  9. almira sazkiya30 Mei 2014 11.38

    Saya sering beli d langganan terdekat hehehe rasanya enak.trus gk repot

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...