Kamis, 11 Juli 2013

Cara Membuat Selai Nanas untuk Nastar

Selalu ada yang istimewa tiap kali Ramadhan tiba. Ada aktivitas yang tak biasa di dapur mungil saya. Salah satunya, membuat selai nanas. Ya, ceritanya sih pengen nyicil persiapan membuat kue Lebaran. Jadi, di hari pertama Ramadhan kemarin, saya sisihkan sedikit waktu demi membuat selai nanas untuk nastar.
 
Salah satu tips membuat selai nanas yang pernah saya baca agar tidak makan waktu lama, gula dimasukkan belakangan ketika nanas sudah hampir kering. Terus, agar nastar yang kita buat nanti renyah, tidak basah, dan tahan lama, selai nanasnya harus bertekstur benar-benar kering.

Tips lain, katanya sih, yang baik pakai nanas Palembang karena cita rasanya lebih manis. Tapi kemarin waktu saya beli nanas, gak tahu itu nanas apa. Pokoknya nanas aja, deh :p.

Begini resep dan cara membuatnya ...

SELAI NANAS UNTUK NASTAR

BAHAN:

4 buah nanas kecil (atau 2-3 buah nanas besar)
175 gr gula pasir
1/4 sdt garam
3 batang kayu manis
5 butir cengkeh

CARA MEMBUATNYA:
  1. Kupas nanas dan bersihkan matanya, cuci bersih. Tiriskan.
  2. Potong-potong nanas, haluskan dengan blender. Diparut juga bisa. Tapi tentunya lebih praktis diblender dong. :)
  3. Masukkan nanas yang telah dihaluskan ke dalam wajan. Tambahkan garam, kayu manis, dan cengkeh. 
  4. Masak nanas dengan api kecil. Aduk-aduk hingga hampir kering. Masukkan gula pasir. Aduk-aduk terus hingga nanas kering dan menjadi selai yang kira-kira mudah dipulung.

  5. Dinginkan selai nanas. Masukkan ke dalam wadah tertutup, simpan dalam lemari es jika tidak langsung digunakan.
Hasil: +/- 400 gr selai nanas


Ingin LANGSING & SEHAT dengan ES KRIM?
klik DI SINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...