Kamis, 23 Mei 2013

Cara Membuat Pizza Sederhana dan Mudah

Bicara soal cara membuat pizza sederhana dan mudah, sebenarnya dulu saya pernah beranggapan membuat pizza itu ribet dan sulit. Tahapan-tahapannya banyak banget mulai dari menyiapkan topping yang isinya 1001 macam bahan dan rempah (lebay), menguleni adonan (bikin pegel), sampai acara memanggang yang bikin deg-degan: Kalau api terlalu besar, ntar gosong. Kalau apinya kekecilan, ntar pizzanya nggak mau ngembang alias bantat (hiks!).


Tapi yang bikin saya pernah trauma membuat pizza itu pada tahapan menguleni adonan rotinya. Duuuhh, ini bagian yang paling sulit bagi saya! Pernah hampir satu jam saya menguleni adonan roti, tapi tidak kalis-kalis juga. Maklumlah waktu itu baru pertama kali bikin pizza, jadi ingin semua serba perfect sesuai resep. Kata resep harus sampai kalis ya saya berusaha keras sampai adonanya kalis. Pikir saya, kalau tidak kalis sempurna nanti tidak jadi roti. Padahal ya ternyata gak gitu-gitu amat ya, hihihi :-p.

Sampai beberapa lama saya trauma dan nggak mau lagi bikin pizza atau bangsanya roti-rotian. Hanya gara-gara malas melewati tahapan menguleni.

Baru-baru ini saya baru tahu kalau menguleni adonan roti itu bisa pakai mixer yang pengocoknya spiral. Di samping lebih mudah dan tidak menguras tenaga, ternyata menguleni adonan roti dengan mixer memang jauh lebih efisien. Lima menit saja sudah kalis. Selesai sudah problem utama saya saat membuat pizza! :D Ternyata cara membuat pizza itu mudaahh sekali!

So, sekarang saya jadi keranjingan bikin pizza. Jika bahan-bahan sudah lengkap, alhamdulillah kini saya bisa membuat pizza dalam waktu tak lebih dari 60 menit saja. Nggak ada lagi ceritanya manyun gara-gara pegel nguleni, ribet bikin topping, atau pahitnya rasa pizza yang gosong.

Memangnya gimana sih cara membuat pizza sederhana dan mudah?

Sebenarnya pizza buatan saya, nggak tau juga sih layak disebut pizza apa nggak. Soalnya saya nggak pernah pakai saus ala Itali atau rempah-rempah sebangsa basil dan oregano. Jadi, cita rasanya lebih mudah diterima lidah orang Indonesia. (Ingat dulu saya nggak suka pizza karena rasanya aneh di lidah).

Untuk bumbu-bumbu saya cuma pakai saos tomat, mayones, dan merica. Sedangkan isiannya saya biasa pakai sisa bahan masakan seperti ayam rebus atau ikan tuna presto. Pelengkapnya ada sosis dan keju cheddar parut.

Mungkin rasa pizza buatan saya nggak sama dengan pizza-pizza keren yang dijual di Pizza HUT atau Papa Rons Pizza itu ya, tapi untuk ukuran home-made pizza sih rasanya lumayan enak. Buktinya krucils dan ayahnya ketagihan dan sering request pizza lagi, pizza lagi ...

Adakah di antara Bunda beranggapan bikin pizza itu sulit? Yuk belajar cara membuat pizza sederhana dan mudah. Plis cekidot langkah-langkahnya:

BAHAN ROTI:

- 250 gr terigu protein tinggi
- 1 sdm peres ragi instan
- 2 sdm margarin
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 125-200 ml air (kalau suka tekstur yang empuk, airnya mesti lebih banyak).

TOPPING:

- Tuna kalengan atau daging ikan segar yang dipresto (tongkol putih, salem, tuna)
- 2 buah sosis sapi
- 1 butir telur, kocok lepas
- Keju parut
- 2 sdm mayones
- 2 sdm saus tomat
- 1 butir telur, kocok lepas

CARA MEMBUATNYA:
  1. Masukkan semua terigu, gula, dan ragi instan dalam wadah. Aduk rata.
    Adonan setengah kalis
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis (adonan tidak melekat di tangan).
  3. Masukkan garam dan margarin. Lalu saatnya mengeluarkan senjata andalan: mixer dengan pengocok spiral :D. Kocok adonan selama kurang lebih lima menit atau hingga kalis. Jika tidak ada mixer, ya diuleni saja pakai tangan ya Bun sekitar 30 menit.
    Adonan kalis
  4. Kempiskan adonan
  5. Jika adonan roti sudah kalis, diamkan selama 15 menit. Lalu kempeskan adonan untuk mengeluarkan gas di dalam adonan.
  6. Tipiskan adonan dan letakkan dalam loyang pizza atau bundar biasa yang telah disemir margarin. Kalau saya pakai loyang pie ukuran 22 cm. Nggak ada loyang pizza, loyang bundar, atau loyang pie? Rotinya dibentuk aja sendiri menjadi bundar seperti roti pizza, lalu letakkan di atas loyang persegi biasa. Gampang kan? :D
  7. Saatnya menata topping. Olesi permukaan roti dengan saos tomat dan mayones. Oya, sebelumnya bisa bikin saos tomat sendiri --> lihat caranya di sini.
  8. Taburkan bahan topping lain sesuai selera seperti ayam, ikan, sosis, dll.
  9. Taburkan keju parut, dan terakhir tuang telur kocok di atasnya.
  10. Diamkan kembali selama 15-30 menit atau hingga roti mengembang.
  11. Panggang pizza selama 15 menit atau hingga matang.
  12. Mengisi topping
  13. Pizza sederhana tapi lezat siaaap diserbuuu ...! :D

Pizza siap dipanggang :)
Yummy...! :)

Ingin LANGSING & SEHAT
tapi tetap makan makanan kesukaan?
klik DI SINI

16 komentar:

  1. wah ini yang saya cari,pernah buat pizza tapi jadi bantat....lha wong pake wajan tefon

    BalasHapus
  2. gampang tapi bahannya agak susah,,,,,,(malas nyari)

    BalasHapus
  3. susah amat buat pizzax.

    BalasHapus
  4. Saya sudah coba resepnya..berhasil dan enak .. Thanks banget yaa sudah share resepnya..

    BalasHapus
  5. Thanks resepnya ya

    BalasHapus
  6. Raginya bsa diganti pakek baking powder ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ragi dan baking powder tidak bisa saling menggantikan ya, karena fungsinya beda :)

      Hapus
    2. Bikin adonan nya ga gt..pantesan bantat..tepung sama dough blend nya harus di pisah dl..trs harus pake air anget kuku..

      Hapus
  7. itu resebnya sama dengan yang dijual itu gak gan...

    BalasHapus
  8. Males cari bahannya. Lebih gampang beli aja yang dah jadi, lebih ga repot.

    BalasHapus
  9. kunjungi juga http://resep-masakan.info resep masakan paling lengkap

    BalasHapus
  10. anak saya sering mina dibuatin pizza, belum pernah nyoba mbuat sendiri makanya bingung, terutama membuat rotinya, hehehe,,, bisa dicoba nih bunda, makasih atas resep pzza nya Bund

    BalasHapus
  11. http://goo.gl/kzQgMq
    izin share ya ka :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...