Senin, 09 Desember 2013

Resep Pie Susu Ekonomis

Bismillah.

Kali ini saya pengen sharing tentang resep pie susu yang lebih ekonomis daripada yang pernah saya posting dulu di SINI.

Awal mula saya "menemukan" resep ini, gara-gara pengen jualan pie susu dengan harga relatif terjangkau. Maklum, sasarannya adalah kantin-kantin sekolah dan kampus. Jadi, saya utak-atik lagi resep yang sudah ada. Hasilnya, alhamdulillah tidak mengecewakan. Dari sejak diluncurkan sekitar tiga bulanan yang lalu, permintaan pie susu enak ini terus bertambah.

Sebelum saya lanjut ke resep, yuk join dulu ke Fanspage Pie Susu Suramadu. :p

Dari resep yang sudah ada, saya kurangi lagi telurnya sehingga mengurangi biaya produksi. Rasa tetap enak kok :). Dan justru bisa meminimalisir rasa amis yang kerap timbul saat membuat pie susu yang banyak mengandung telur.

RESEP PIE SUSU EKONOMIS
by: Bunda Raihan

Bahan kulit:
500 gr terigu protein sedang
300 gr margarin
1 butir telur
Sejumput garam

Bahan isi:
300 ml (375 gr) susu kental manis
400 ml air
1 butir telur
5 sdm peres (kurleb 20-25 gr) tepung maizena
1/4 sdt garam
Sedikit vanili bubuk

CARA MEMBUATNYA:
  1. Siapkan isian dulu ya: Campur susu kental manis, air, garam, dan maizena, aduk hingga tercampur rata. Masak di atas api sedang sampai mengental. Masukkan vanili bubuk, aduk rata. Dinginkan.
  2. Sambil nunggu adonan susunya dingin, kita lanjut bikin kulit pienya dulu. Campur margarin, garam, dan terigu dalam wadah, aduk dengan ujung jari sampai berbutir-butir kecil. Masukkan telur, aduk sampai adonan menggumpal. Cetak dengan cetakan pie.
  3. Lanjut bikin isiannya: Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan susu yang telah dingin, aduk rata.
  4. Tuang isi ke dalam kulit. Panggang dalam oven bersuhu 170-180 derajat hingga matang (kurang lebih 1 jam).
  5. Semoga bermanfaat :)
Kalau malas bikin pie susu sendiri, pesan ke saya aja :-) Bisa kontak saya via SMS ke 081-999-548-688. Mohon maaf, untuk sementara kami hanya melayani pemesanan untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya saja.

Btw, jangan lupa join Fanspage Pie Susu Suramadu ya! :) Terima kasih :). 

Pie susu blueberry, IDR 1.500
Pie susu keju, IDR 1.700

2 komentar:

  1. Mb Elka baru kali ini ak membaca resep isi pienya dimasak terlebih dahulu, bedanya apa ya mb kalau dengan yg tidak dimasak ? sedang waktu oven rata2 juga 1 jam untuk pienya

    BalasHapus
  2. Salam kenal Bunda Elka, sy dgn Henny, tanya dong, Setelah kulit pie di bentuk, tidak langsung dimasukkan ke dlm oven sampai setengah matang y ? Margarin tdk dilelehkan ? Sewaktu mengaduk adonan kulit pie, tdk menggunakan spatula y ?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...