Selasa, 09 April 2013

Resep Pie Susu Enak

PIE SUSU ENAK ;-)
Pie susu adalah salah satu camilan favorit keluarga saya. Saya pun selalu dengan senang hati membuatkan pie susu untuk mereka, karena membuatnya relatif mudah. Setelah berkali-kali mencoba membuat pie susu dengan berbagai modifikasi di sana-sini, akhirnya saya menemukan resep pie susu yang paling pas, praktis, dan ekonomis.

Kenapa bikin pie susu mesti dengan resep yang pas, praktis, dan ekonomis? Alasannya simpel saja. Mesti PAS takaran bahannya, supaya enak. Mesti PRAKTIS bikinnya, karena emak-emak pebisnis (halah!) seperti saya tentunya tak banyak waktu untuk berkutat di dapur. So, yang bikin praktis adalah penggunaan loyangnya yang ukuran besar (jadi nanti kalau mau dimakan tinggal dipotong-potong). Mesti EKONOMIS jumlah bahannya, karena sebagai emak-emak yang berusaha disiplin mengatur uang belanja harian, faktor keiritan bahan sangatlah penting. Pernah saya membaca resep pie susu yang telurnya sampai enam atau delapan butir gitu, untuk satu loyang pie. Sempat mikir juga, apa nggak amis jadinya tuh pie susunya? Namun yang lebih membuat galau tentu saja faktor boros telurnya, hehehe. Lagian, banyak-banyak telur kan katanya nggak baik juga, bisa kolesterol lho! Nah, resep pie susu saya ini, cuma perlu dua butir telur saja untuk satu loyangnya. Jadi kalau Bunda beli telur seperempat kg (yang biasanya isi empat biji), masih ada sisa dua biji lagi buat campuran nasi goreng atau bikin nugget (halah, kok jadi ngelantur?)

Kembali ke soal pie susu. Berikut resep pie susu hasil modifikasi saya (hasil resep sudah diuji coba di lidah suami, anak, ibu, adik, gank pengajian, dan tentunya saya sendiri, hihihi):

BAHAN:

Kulit pie:
- 200 gr terigu protein sedang
- 125 gr margarin
- 2 sendok makan air es
- sedikit garam

Isi:
- 150 ml susu kental manis
- serbuk vanila secukupnya
- 1/4 sendok teh garam
- 2 butir telur
- 150 ml air

CARA MEMBUATNYA:

1. Campur margarin, garam, dan terigu dalam wadah, aduk dengan ujung jari sampai berbutir-butir kecil.
2. Masukkan air es, aduk sampai adonan menggumpal.
3. Tutupkan adonan kulit ke loyang pie besar. Tusuk-tusuk dengan garpu. Sisihkan (bisa dimasukkan dalam lemari es dulu).
4. Isi: Campur semua bahan isi, aduk rata.
5. Panaskan oven, masukkan loyang pie yang sudah diisi adonan kulit. Panggang sekitar 15 menit atau sampai setengah matang.
6. Keluarkan loyang berisi kulit pie setengah matang dari oven, masukkan adonan isi. Panggang kembali selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang.
7. Dinginkan, lalu potong-potong sesuai selera.
8. Pie susu nikmat siap disajikan :-)

21 komentar:

  1. Sallam kenal ya mba mohon ijin copy resepnya terima kasih

    BalasHapus
  2. MEGAN ANITA DOMANI8 Juli 2013 09.59

    THANKS INFONYA
    TAPI KYAKNYA SSH Y?

    BalasHapus
  3. mbaa aku uda ikutin resep, tapi pas aku tuang isian nya malah tumpah soale pake loyang bongpas..
    apa pengaruh loyang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mestinya tidak akan tumpah karena loyangnya kan sudah dilapisi adonan kulit mbak :) mungkin bisa dijelaskan tumpahnya seperti apa?

      Hapus
  4. Kalo manggangnya make happycall bisa ga yah ? Brapa lama yah manggangnya kira2 ? Makasih tante :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tau ya, belum pernah coba :)

      Hapus
  5. Mbak tanya itu telurnya dipake semua ya putih telurnya jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dipake semua putih telurnya yaa

      Hapus
  6. Mbak tanya itu telurnya dipake semua ya putih telurnya jg?

    BalasHapus
  7. kayaknya enak nih,ijin copy ya mbak

    BalasHapus
  8. terimakasih untuk resepnya, mba.
    saya barusan nyoba, dan adonannya kurang. jadinya bikin adonan tambahan biar ngetutupin seluruh loyangnya. mana saya salah baca resep lagi. untuk isiannya sama masukin 350ml susu kental manis =..=

    BalasHapus
  9. saya sudah mencobanya, dan isinya tidak seperti punya mba. setelah di panggang masih cair dan tumpah2. apakah perlu ditambah maizena?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih cair berarti manggangnya kurang lama :)

      Hapus
  10. Saya pernah buat tp kok Isinya ngembang ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama tuh saya juga buat ngembang,terus dalemnya kayak belum jadi,akhirnya saya minta tolong mama saya untuk menyalakan api atas,dan hasilnya lumayan

      Hapus
  11. Suhu ovennya brp?
    Oiya salken ya ^^

    BalasHapus
  12. Maaf, mungkin sekedar menambahkan untuk memanggangnya memang memerlukan api sedang cenderung kecil selama 60 menit, kalau mengembang atau menggelembung coba kecilkan suhunya biasanya sih akan mengempis lagi dengan sendirinya,..cmiiw

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...