Kamis, 07 Februari 2013

Resep Pie Susu Bali Original

Gambar: myimage-plus.blogspot.com
Beberapa tahun lalu, saya mendadak sangat gandrung pada yang namanya pie susu Bali. Karena kebetulan punya hobi membuat kue, maka saya pun ingin mencoba membuatnya sendiri.

Waktu itu, seingat saya belum banyak resep pie susu Bali yang bertebaran di dunia maya. Tapi saya menemukan sebuah resep pie susu yang setelah saya praktikkan ternyata rasanya agak mirip dengan pie susu Bali.

Namun resep "pie susu Bali" tersebut ternyata lebih cocok jika dibuat dengan menggunakan loyang besar dengan isian jauh lebih tebal. Sedangkan yang kita tahu, pie susu Bali itu bentuknya bundar kecil seperti tatakan gelas, tipis, dan kalau digigit, hmm... rasanya maknyus renyah sekali! :-)

Nah, beberapa waktu belakangan, setelah sekian lama tidak pernah membuat "pie susu Bali" lagi, mendadak saya kangen dengan kudapan ini lagi.

Maka saya pun Googling untuk mencari resep pie susu Bali. Wow, ternyata tidak seperti beberapa tahun silam, kini resep pie susu Bali telah banyak bertebaran di dunia maya. Agaknya pie susu Bali telah "go national".

Walaupun karena alasan kepraktisan saya lebih suka membuat pie susu dengan menggunakan loyang besar dan resep yang telah dimodifikasi, saya tetap penasaran ingin mencari resep original pie susu Bali. Dan akhirnya ketemu juga resepnya.

Insya Allah, kapan-kapan saya akan mencobanya (mungkin jika anak-anak sudah besar sehingga saya punya banyak waktu luang :-p)

Buat Bunda yang ingin membuat pie susu Bali untuk keluarga tercinta, bisa coba resep berikut:

BAHAN:

Kulit:
- 750 gr terigu
- 400 gr margarin
- Air es sedikit

Isi:
- 3 kuning telur
- 375 ml susu kental manis putih
- Vanila bubuk secukupnya
- Air sedikit

CARA MEMBUAT:

1. Kulit: Aduk margarin dan terigu dengan ujung jari sampai berbutir-butir kecil.
2. Masukkan air es sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan menggumpal.
3. Tutupkan adonan pada cetakan-cetakan pie, kalau sudah rata tusuk-tusuk dengan garpu.
4. Sisihkan (bisa dimasukkan ke lemari es dulu).
5. Isi: Campur rata semua bahan isi dalam wadah (mangkuk atau gelas).
6. Jika semua bahan isi sudah tercampur rata, masukkan ke dalam cetakan-cetakan pie yang sudah dilapisi adonan kulit.
7. Panggang dalam oven panas hingga matang.
8. Selesai. Pie susu Bali nan lezat siap dinikmati :-)

18 komentar:

  1. Airnya sdkt sbrp sis ? Thank you.. Penasaran pengen nyoba nih

    BalasHapus
  2. Utk kulit saya kira-kira airnya, sampai adonan menyatu dan mudah dibentuk. Untuk fillingnya, sedikittt banget airnya, gak pake juga gakpapa.

    BalasHapus
  3. kalo gak punya oven manggangnya pake apa ya kira-kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, belum pernah nyoba memanggang pie selai pakai oven, jadi saya belum tahu jawabannya :)

      Hapus
  4. hai,sudah pernah coba,berhasil gak?susu nya bisa gak sih,sesuai selera,gak harus 375ml?

    BalasHapus
  5. Salam kenal sis... Mau tanya, 375 ml susu kental manis itu udah dicampur air blm? Kok mbayanginnya manis banget kalo ga dicampur air ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pie susu Bali kan tipis mbak, fillingnya tidak setebal egg tart atau pie susu biasa. Jadi manisnya pas kok.

      Hapus
  6. haii teh Elka,

    Tertarik banget nih hihihi
    mau tanya... itu margarinnya dilelehkan / dipanaskan dulu sampai cair atau tidak ya ?
    terus untuk kuli Pienya langkah ke 3 ditusuk garpu maksudnya bagaimana ?

    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah margarinnya tidak perlu dilelehkan ya, justru yang baik margarin dimasukkan kulkas terlebih dahulu (agar hasil kulit pienya nanti jadi renyah). Masudnya ditusuk garpu, di bagian dasar pienya itu lho ditusuk-tusuk garpu. Tujuannya agar waktu dipanggang kulitnya tidak menggelembung dan pecah.

      Hapus
    2. oooo hehe oke teh Elka...
      paham dech kayanya... segera cari bahan2 :)

      kulit Pienya ndak manis ya tanpa gula...
      cusss coba coba kalau bisa diteruskan :D

      Hapus
  7. itu makanan asli dari bali ya bos, tapi di palembang kok ada yang bikin ya,,

    BalasHapus
  8. kk elka jual cetakannya ???
    ofen brpa derajat & brpa menit ???

    BalasHapus
  9. mbk suhunya berapa derajat buat oven dan berapa menit?

    BalasHapus
  10. Adonan yg dimasukkin ke kulkas berapa lama mba?

    BalasHapus
  11. mbak... suhu sama durasi ovennya berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suhu 160-170 derajat, kurleb 1 jam ya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...