Kamis, 09 Mei 2013

Resep Kue Perut Ayam Krispi

Dulu, saya sama sekali tidak suka dan tidak tertarik dengan kue perut ayam. Namun gara-gara tiap pergi ke pasar suami hampir selalu nitip untuk dibelikan kue perut ayam, lama-lama saya jadi tertarik mencicipi kue tradisional ini.

Kue perut ayam yang saya beli di pasar tidak selalu enak rasanya. Menurut saya, kue perut ayam yang yang enak itu yang renyah krispi dan disantap dalam keadaan hangat.

Setelah tertarik mencicipi, mulai deh saya tertarik mencari resep kue perut ayam ini.

Ternyata resep kue perut ayam itu simpel saja. Bahannya pun murah-meriah serta mudah didapat, hanya terdiri dari terigu, gula, garam, serta sedikit baking powder dan ragi instan.

Beberapa kali mencoba resep kue perut ayam yang saya dapatkan dari hasil Googling, hasilnya tidak sesuai harapan. Yang pertama bentuknya bagus tapi kurang renyah meskipun menggunakan telur. Percobaan-percobaan berikutnya ada yang bantat, ada yang adonan keenceran sehingga pori-pori terlalu besar dan menyerap minyak, dan sebagainya :p

Setelah beberapa kali melakukan trial dan eror, lama-kelamaan terciptalah resep kue perut ayam yang sesuai dengan selera saya. Renyah di luar, garing dan lembut di dalam :) Coba deh Bun dilihat gambarnya, kelihatan krispi kan? :)

Ini dia resep kue perut ayam renyah ala saya. Yuk dicoba! :)

BAHAN:
  • 125 gr terigu protein sedang
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm margarin
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt baking powder
  • 125-175 ml air (kira-kira lemasnya)
  • Minyak untuk menggoreng



CARA MEMBUATNYA:
  1. Masukkan terigu, gula pasir, garam, baking powder, dan ragi instan ke dalam wadah. Aduk rata dengan sendok.
  2. Masukkan margarin, aduk hingga tercampur rata dan margarin tidak menggumpal pada tepung.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang kental. Dikira-kira ya lemasnya Bunda, jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer yang akan membuat kita kesulitan saat menggoreng nanti (jika sudah beberapa kali mencoba, lama-lama feeling kita akan terasah sehingga tahu kadar kekentalan yang pas).
  4. Setelah adonan tercampur rata dengan kekentalan yang pas, diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 30 menit.
  5. Masukkan adonan ke dalam kantong semprot segitiga (kalau nggak ada, bisa pakai plastik biasa). Lubangi ujungnya.
  6. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan.
  7. Semprotkan adonan melingkar ke seperti obat nyamuk dalam minyak yang telah cukup panas. Siram-siram bagian atasnya dengan minyak agar kue mengembang sempurna.
  8. Goreng kue hingga matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Kue perut ayam krispi renyah siap disantap selagi hangat :)

1 komentar:

  1. wktu menggoreng kok sulit berbentuk melingkar rapi ya? blenduk2 tdk rata gtu,, akhirnya diagonalnya tdk sama besar,mohon petunjuk!! thanks

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...