Kamis, 18 Juli 2013

Mini Banana Pie

Banana pie atau pie pisang adalah salah satu makanan favorit saya. Dulu saya sering banget bikin banana pie. Tapi belakangan hampir tidak pernah lagi karena sedang getol-getolnya berdiet :D Tempo hari (udah agak lama sih, sebelum Ramadhan) saya beli pisang, dipakai sebagian untuk bikin es krim, dan sisanya sempat berhari-hari nganggur di kulkas, bingung mau diapain. Akhirnya, pilihan jatuh ke salah satu kudapan yang pernah jadi favorit saya: banana pie.

Biasanya kalau saya bikin pie pisang, isiannya adalah vla seperti yang biasa ada dalam pie buah, lalu ditambah topping berupa pisang yang telah dimasak bersama margarin, sedikit air perasan jeruk nipis, dan sedikit gula (resep dari majalah Femina tempo dulu). Nah, karena lagi eneg dengan bangsanya vla-vlaan, saya lalu coba cari inspirasi banana pie lain yang tanpa vla. Eh, inspirasi itu ketemu setelah menemukan resep pie mangga DI SINI.

Setelah sedikit mengutak-atik resep, jadilah varian baru banana pie yang rasanya legit banget! Sepertinya ini bakal jadi my next favourite recipe deh! :) Ini dia resepnya:

PIE PISANG / BANANA PIE

BAHAN:

Pie crust:
  • 175 gr margarin
  • 250 gr terigu protein rendah
  • sedikit garam
  • 1-3 sdm air es
Isi pisang:
  • 6 buah pisang raja
  • 1 sdt bubuk kayu manis --> nggak punya kayu manis bubuk, jadi saya pakai batang kayu manis yang direbus dengan sedikit air, lalu disaring. Airnya dimasukkan ke dalam adonan pisang (sedikit saja, kurleb 1 sdm saja)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm tepung maizena 
  • Keju parut secukupnya untuk taburan
Olesan:
Kuning telur atau susu kental manis secukupnya

CARA MEMBUATNYA:
  1. Pie crust: Masukkan terigu dan garam ke dalam wadah. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk dengan ujung-ujung jari hingga berbutir-butir kecil. Tambahkan air es, satukan adonan hingga menggumpal. Cetak dengan menggunakan cetakan pie kecil.
  2. Isi pisang: Potong-potong pisang, masukkan ke dalam wadah. Tambahkan garam, gula, tepung maizena, dan kayu manis bubuk (atau air saringan batang kayu manis rebus). Aduk rata.
  3. Masukkan isian pisang ke dalam kulit pie. Beri keju parut di atasnya. Buat hiasan dari sisa kulit pie hingga berbentuk seperti pada gambar atau sesuai selera kita. Olesi dengan kuning telur atau susu kental manis.
  4. Panaskan oven. Panggang pie selama kurang lebih 45-60 menit atau hingga matang kecoklatan.
  5. Sajikan selagi hangat. Enjoy! :)

Ingin LANGSING & SEHAT dengan ES KRIM?
klik DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...