Jumat, 07 Juni 2013

Krenyes Manis Pisang Aroma

Pertama kali makan pisang aroma waktu lagi liburan di Bandung tahun lalu. Si krenyes manis ini, mungkinkah penganan asli Bandung? Entahlah. Pokoknya rasanya enak! Kalo nggak enak ngapain saya repot-repot Googling cara membuat pisang aroma? Hehehe :p

Ternyata gampang banget cara membuat pisang aroma ini. Sedikit lebih gampang daripada bikin pisang goreng. Dengan catatan kulit pangsitnya beli yang udah jadi, ya. Kalau mesti bikin sendiri kulit pangsitnya, ya lain lagi ceritanya, hihihi :D

Oh ya, pisang aroma ini dalamnya juga bisa kita tambah dengan isian lain seperti coklat meises atau keju. Tentu rasanya lebih maknyusss... :)


Hayuuk Bun, intip cara membuat pisang aroma di dapur saya.

BAHAN:

5 buah pisang raja yang matang dan manis
20 lembar kulit pangsit siap pakai
1 sdm terigu, larutkan dengan sedikit air ( fungsinya untuk merekatkan kulit pangsit)
2 sdm gula pasir (untuk besta)
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUATNYA:
  1. Belah pisang memanjang, masing-masing menjadi 4 bagian.
  2. Bungkus potongan pisang satu persatu dengan kulit pangsit. Caranya seperti pada gambar. Letakkan pisang melintang pada salah satu sudut kulit pangsit. Lalu gulung deh mengikuti bentuk pisangnya. Rekatkan ujungnya dengan "lem" terigu. 
    Cara bungkusnya
  3. Goreng pisang berselimut ini hingga matang dan kering kecoklatan. Tiriskan.
    Penampakan pisang aroma sebelum dibesta
  4. Bikin gula besta: Masukkan gula pasir dalam wajan, beri air sedikiiiit saja lalu aduk-aduk dengan api kecil hingga gula kental dan berambut.
  5. Masukkan pisang aroma, aduk cepat hingga rata, lalu matikan api segera agar gulanya tidak terlalu kering. Kalau gulanya terlalu kering nanti pisang aromanya jadi kurang cantik (tidak mengkilat).
  6. Selesai. Pisang aroma krenyes manis siap disantap selagi hangat. :)
Setelah dibesta: Jadi lebih kinclong, kan? :)

DIET SEHAT rasa COKLAT?
klik DI SINI

7 komentar:

  1. asiik..kebetulan makanan favorit saya nih, hehe
    makasih udah ngeshare ya mak, saya gak perlu capek2 gugling lagi deh :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, siiippp. Jangan lupa dicoba resepnya ya maak :D

      Hapus
  2. waaahh....ngilerr banget liatnya......tak coba aah.....hehee..

    BalasHapus
  3. wah, hmpir mirip dengan makanan "Ledre" khas dari kotaq bojonegoro, hehe

    skalian kunjungan perdana mbak, salam kenal :)
    visit, koment n follow back blogq ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ledre? Kayaknya pernah denger :)

      Hapus
  4. ini kesukaan anak-anak. tapi unik ya pakai besta, saya biasanya enggak pakai besta, malah isisnya tambahin meses. hmmm, jadi ingin coba resepnya yang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bestanya opsional aja sih mbak. Tadinya saya gak berniat pakai besta. Setelah dilihat-lihat tampilannya kok kurang kinclong dan rasanya kurang mantap. Jadi saya besta deh, soalnya ingat kalau pisang aroma yang saya makan di Bandung dulu ada bestanya :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...