Kamis, 27 Juni 2013

Tahu Tek Suka-suka

Tahu tek (foto: dok. pribadi)
Pertama kali tahu makanan ini dari ibu saya. Dan beliau menyebutnya "Tahu Tek". Belakangan, saya baru tahu bahwa tahu tek adalah makanan khas Surabaya. Namun kalau beli tahu tek yang dijual oleh mas-mas yang keliling itu, kok rasanya beda dengan tahu tek buatan ibu saya, ya? Maksudnya, lebih enak yang buatan ibu saya.

Kalau kata suami saya yang asli arek Suroboyo sih, tahu tek yang asli ya yang biasa dijajakan keliling itu. So, yang biasa dibikin Ibu seperti foto di atas apa dong namanya? :D

Pernah ada yang komentar bahwa "tahu tek" bikinan Ibu itu adalah ketoprak, BUKAN tahu tek. Whateverlah, mau dibilang ketoprak kek, mau dibilang tahu tek kek, pokoknya kalau saya bikin tahu tek, begini nih resepnya:

BAHAN:
2 buah lontong
4 buah tahu goreng
2 butir telur, rebus
Toge secukupnya, rebus
Bawang goreng secukupnya untuk taburan
Krupuk sebagai pelengkap

Bumbu:
100 gr kacang tanah, goreng
2 siung bawang putih, rajang-rajang dan goreng
2 buah cabe rawit (tentunya boleh ditambah sesukanya jika suka pedas)
2 sdm petis udang
Petis udang dan petis ikan
1 sdt petis ikan
1/4 sdt garam
4 sdm kecap manis
Sedikit air untuk mengencerkan

CARA MEMBUATNYA:
  1. Potong-potong lontong, tahu goreng, dan telur rebus, tata dalam piring.
  2. Bikin bumbu: Haluskan kacang tanah bersama bawang putih goreng, cabe rawit, garam, petis udang, dan petis ikan. Beri air sedikit demi sedikit untuk mempermudah bumbu tercampur rata. Tambahkan kecap manis. Tambahkan air lagi jika bumbu dirasa terlalu kental.
  3. Cicipi rasanya. Kalau kurang asin, tambahi garam. Kalau kurang manis, tambahi kecap atau gula pasir. Pokoknya suka-suka sesuai selera deh :P
  4. Siram bumbu ke atas bahan-bahan yang disebutkan di no. 1.
  5. Taburi bawang goreng dan krupuk. Sajikan.
Buat Anda yang sedang program diet, tahu tek bagus digunakan sebagai menu alternatif. Tapi, ada tapinya ...! Tahunya jangan digoreng ya, cukup dikukus saja. Kacangnya juga cukup disangrai saja ya, jangan digoreng. Dan lontongnya diganti dengan kentang kukus. (Banyak banget penyesuaiannya ya, xixixi :p).

Selamat mencoba! :)

1 komentar:

  1. pokoknya penyesuainnya jgn terlalu byk kena minyak, ya :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...