Minggu, 21 Juli 2013

Kue Kering Kacang

Ini pertama kalinya saya membuat kue kering kacang, salah satu kue enak pengisi toples kue Lebaran. Kue kering yang menurut saya sangat unik karena bikinnya nggak pakai mentega atau margarin, melainkan pakai minyak goreng. Padahal mentega atau margarin adalah bahan yang wajib ada tiap kali saya bikin kue kering, dan sangat menentukan kelezatan kue.

Tadinya sempat terpikir untuk mengganti minyak goreng dengan margarin leleh. Tapi urung saya laksanakan, khawatir ada pengaruhnya, misal bikin adonan jadi susah dicetak. Saya teringat pada seorang sahabat yang dulu berbisnis kue kering kacang. Dia selalu menggunakan cetakan berbentuk bundar, dan cara mencetaknya tidaklah biasa. Adonan dimasukkan satu-persatu ke dalam cetakan, lalu dipadatkan dengan jari-jari. Bukan dengan menggilas adonan terlebih dahulu, kemudian dicetak. Waktu itu, saya tidak ngeh kenapa teman saya berpendapat kue kering kacang tidak bisa dicetak dengan cara biasa.

Setelah mencoba sendiri membuat kue kering kacang, saya jadi paham. Adonan kue kering kacang memang tidak seperti adonan kue kering cetak lainnya. Adonan seolah "ambyar", tak mau menyatu. Karena tak punya cetakan bundar, saya pun menggunakan cetakan yang ada berbentuk bulan sabit. Jika kurang padat menggilas, adonan jadi mudah patah terutama di ujung-ujung bulan sabitnya. Jadi paham sekarang, kenapa teman saya selalu menggunakan cetakan berbentuk bundar yang tidak memiliki sudut. :)


Nah, buat Bunda yang berminat membuat kue kering kacang ini, saya sarankan ketika meggilas adonan, padatkan terlebih dahulu hasil gilasannya dengan tangan agar adonan tidak mudah pecah atau retak saat dicetak.

Ketika telah cukup matang, dalam keadaan panas kue kering kacang ini agak terasa lembek. Namun kue akan mengeras sendiri setelah dingin. Jadi jangan sampai terlalu lama memanggang karena mengira kuenya belum matang ya!

KUE KERING KACANG

BAHAN:

475 gr terigu
25 gr susu bubuk full cream
250 gr minyak goreng
250 gr kacang tanah, sangrai dan tumbuk (blender) hingga menjadi bubuk
250 gr gula halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
2 kuning telur untuk olesan

CARA MEMBUATNYA:
  1. Ayak terigu bersama gula, garam, susu, dan vanili. Masukkan kacang tanah, aduk rata. Tambahkan minyak goreng, aduk rata.
  2. Cetak sesuai selera.
  3. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur.
  4. Panggang selama 30-45 menit atau hingga matang. Dinginkan, lalu masukkan segera ke dalam toples kedap udara.


    Ingin LANGSING & SEHAT dengan ES KRIM?
    klik DI SINI

    3 komentar:

    1. ini resepnya ga pake gula?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ups, maaf kelupaan. Gula halusnya 250 gram ya diayak bersama terigu... trims koreksinya :)

        Hapus
      2. udah saya edit resepnya, sekarang udah ada gulanya :)

        Hapus

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...