Jumat, 13 Februari 2015

Nikmatya Sholat dan Puasa

Sebuah bingkisan datang di jelang penghujung Oktober 2014 kemarin. Isinya sebuah buku cantik berjudul "Nikmatnya Shalat dan Puasa: Kumpulan Kisah Penyemangat Anak-anak Agar Rajin Shalat dan Puasa." Pengirimnya adalah sahabat saya, Ami Susiani yang notabene adalah penulis buku tersebut. Buku yang ditulisnya duet bersama Mbak Nurul Asmayani.

Buku dengan warna cover dominan hijau tosca itu merupakan seri dongeng anak Islam, diterbitkan oleh Dar! Mizan. Berisi kumpulan cernak (cerpen anak) dengan topik terkait sholat dan puasa. Keseluruhannya ada 28 cerita fiksi.


Dari ke-28 cernak itu, menurut saya ceritanya ada yang bagus, ada yang biasa. Yang bagus versi saya berarti ceritanya tidak datar-datar saja. Ada konflik, klimaks, dan antiklimaksnya meskipun tidak sekompleks cerita dewasa. Terlepas dari hal itu, semua cerita ada hikmahnya. Semua mengandung keteladanan, dan layak dibaca sebagai santapan bergizi putra-putri kita.

Didukung dengan cover yang eye catching dan halaman-halaman ilustrasi full colour, buku ini bisa dipertimbangkan untuk menjadi referensi pilihan pelengkap perpustakaan pribadi kita. Sebab, ini bukan sekadar kumcer biasa. Di akhir setiap cerita, tersemat catatan kecil berisi kesimpulan, cuplikan hadis shahih, nukilan ayat Quran, nasehat atau telaah singkat terkait topik cerita yang dibahas. Catatan-catatan kecil itu pun bisa bermanfaat bagi orang dewasa. Di samping untuk pembelajaran putra-putri kita, dapat dijadikan pengingat bagi kita tentang keutamaan sholat dan puasa yang banyak terlupakan. Maka, agaknya tidak berlebihan jika saya katakan bahwa buku ini bukan sekadar dongeng pengantar tidur. Dengan buku ini, kita bisa menyelami makna sholat dan puasa bersama putra-putri kita. Sama-sama belajar, sama-sama memetik hikmah dari aneka kisah.

Salah satu contoh catatan kecil yang tersemat di akhir cerita adalah sebagai berikut:

"Kematian seseorang menunjukkan perilakunya selama di dunia. Ada yang meninggalnya susah, ada yang meninggalnya begitu mudah, tergantung pada amal ibadahnya. Shalat adalah ibadah yang utama. Karena itu, perbaguskanlah shalat kita agar mendapatkan banyak rahmat." (halaman 111). Ini adalah catatan kecil di akhir cerita "Sujud Terakhir"-- cerita dengan sad ending yang membuat saya menangis terharu.

"Bunda, ini kok ceritanya tentang sholat dan puasa semua, sih?" protes sulung saya Raihan (kelas 3 SD) setelah separuh buku selesai dibacanya.

"Ya iyalah," jawab saya. "Judulnya aja nikmatnya sholat dan puasa. Ya ceritanya tentang sholat dan puasa semua dong."

Meskipun demikian, bukan berarti buku ini terkesan membosankan. Sebab sungguh, ini bukan kumpulan ceramah tentang sholat dan puasa! Ini adalah kumpulan cerpen anak yang isinya beraneka warna. Ada yang kocak, ada yang sedih, ada yang ceria. Yang "horor" pun ada, misalnya kisah Kevin yang diculik dalam cerpen "Kevin dan Sepotong Roti". Kisah yang ditulis dengan gaya centil berjudul "Ninda dan Jimat Super" bikin saya nyengir lebar berkali-kali saat membacanya.

Jika si Kakak mengomentari buku dengan bahasa verbal, lain lagi dengan adik bungsunya, Fatih (2 tahun 9 bulan). Ia menggunakan "bahasa tubuh" untuk menyatakan kesukaannya pada buku itu. Sejak awal buku itu sampai di tangan saya, tak henti-hentinya buku itu direbutnya tiap kali ia melihat saya bersiap akan membacanya. Dirampasnya buku itu, sambil berkata, "Ini punyaku!" Lalu, dibolak-balik halamannya sampai lecek dan covernya keriting. Sebagian ilustrasi dicoret-coretinya dengan pulpen dan pensil warna. Padahal, hal yang sama tidak pernah terjadi pada buku-buku yang lain. Ya, dia sangat menyukai gambar-gambar yang ada di dalamnya. Warna-warni, seperti kisah-kisah di dalamnya.

Sstt ... saat sedang menulis review ini, kabar gembira datang dari Ami. Buku ini telah dibeli rightnya untuk dialihbahasakan dan diterbitkan di Malaysia. Sebagai sahabat, saya sangat bahagia mendengarnya. Semoga buku ini bisa menjadi wasilah kebaikan, yang membuat semakin banyak anak Muslim di seantero jagat raya, menjadi rajin sholat dan puasa. Aamiin ... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...