Senin, 22 Juni 2015

BERPIKIR KECIL VS BERPIKIR BESAR ALA PIE SURAMADU

Kata pakar bisnis, kalau mau jadi pebisnis sukses haruslah berpikir besar. Tapi saya tidak. Saya mengawalinya dengan “berpikir kecil”.

Kali pertama mencoba menawarkan pie susu ke sebuah kantin sekolah dengan harga Rp 2000. Ditanggapi dingin dengan pertanyaan, “Gak bisa 1500-an? Lalu lanjutnya, “Cuma begini saja? Kok gak ada buahnya kayak yang dijual di pasar anu itu…”

Waktu itu tidak banyak yang tahu soal pie susu.


Meski agak down, bismillah saya jalan terus. Mengalkulasi kembali modal dan keuntungannya. Meski rada mepet, tapi ...,oke, bisalah. Harga pun turun jadi 1500-an.

Pangsa pasar yang kami bidik waktu itu memang bukan kalangan atas. Sebab memang akses yang mudah bagi kami adalah kalangan menengah ke bawah. Salah satunya, kantin sekolah dan kampus. Masalah harga, tentu harus disuaikan dengan daya beli mereka.

Penjualan dilakukan dengan sistem konsinyasi. Masa terberat dalam merintis usaha ini pun mulai kami jalani. Masa pengenalan produk, yang ditandai dengan banyaknya produk yang retur. Namun kami berusaha tak patah semangat. Dan terus melakukan produksi setiap hari.

Seiring waktu, akses menuju “kalangan atas” semakin terbuka lebar. Dan ternyata mereka rata-rata menyukai kue pie buatan kami. Meski harga relatif murah, rasa pie susu kami insya Allah tidak murahan. Dan pengalaman selama 1,5 tahun bergelut dengan usaha ini menunjukkan bahwa pie susu kami disukai semua kalangan. Dari balita sampai orang dewasa. Dari mereka yang tinggal di gubuk sampai kalangan jetset yang menghuni apartemen atau rumah mewah di kawasan elit ibukota.

Sambutan pelanggan sungguh sangat membesarkan hati kami. Dan saatnya melakukan diversifikasi produk. Yang awalnya cuma memproduksi pie susu rasa original, lalu menambahnya hingga menjadi 4 varian rasa. Yang tadinya cuma pie susu mini diameter 6,5 cm, lalu mencoba ukuran jumbo diameter 20 cm (kami menyebutnya eggtart). Lalu ada pie buah dan yang terbaru adalah pie brownies.

Kini, jika akhir pekan tiba. Kami kerap kebanjiran order dari para pelanggan yang hendak menjadikan pie susu kami sebagai buah tangan bagi sanak dan kerabat di kampung halaman. Tabloid LeZAT dalam hasil liputannya menulis judul: “PIE SURAMADU: Renyahnya Oleh-oleh Khas Suramadu.” Alhamdulillah, jika ada yang sudah menganggap pie susu produksi kami sebagai “oleh-oleh khas”. Tentu ini sesuatu yang baru dan unik. Mengingat selama ini, oleh-oleh khas Suramadu adalah aneka hasil olahan laut khas Kenjeran seperti krupuk teripang, krupuk rambak ikan, petis udang/ikan, rengginang lorjuk, dan sebagainya.

Musim liburan anak sekolah telah tiba. Buat Anda warga Surabaya yang hendak mudik. Saatnya membawakan oleh-oleh istimewa buat kerabat dan keluarga tercinta di kampung halaman. Jika bosan dengan oleh-oleh yang itu-itu saja, Pie Suramadu yang renyah dan legit ini bisa dijadikan alternatif pilihan. :-D

PRICE LIST

PIE SUSU MINI (isi 14 biji/box)

- Original 23.000
- Blueberry 25.000
- Chococream 27.000
- Keju 29.000

EGGTART (PIE SUSU JUMBO diameter 20 cm)

- Original 33.000
- Kismis 35.000
- Chococream 40.000
- Double cheese 40.000

PIE BROWNIES 30.000 (isi 12 biji/box)

PIE BUAH @2.000

Info lengkap silahkan kontak kami via Inbox / WA 081999548688 / pin bb 571299F5.

Kunjungi blog dan FP kami:
www.PieSuramadu.blogspot.com
www.facebook.com/piesuramadu

IG & Twitter: @PieSuramadu

2 komentar:

  1. Pertama kali tahu pie susu saat dibawain sodara yg kerja di Bali. Enak dan nagih.

    Salut atas kegigihan dan semangatnya Mak. Mudah-mudahan usahanya semakin lancar dan berkembang ya Mak. Serta barokah tentunya, aamiin.

    BalasHapus
  2. wah mantab, makasih banyak buat resepnya.. boleh saya coba nih..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...